GRAFIK KOMPUTER

Animasi tidak terlepas dari GRAFIK KOMPUTER.

Grafik komputer adalah adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Berikut adalah contoh cara membuat grafik komputer menggunakan aplikasi Pelles C.

gluLookAt (0,0,25,0,0,0,0,15,20);
glBegin (GL_LINES);
glColor3f(1,1,0);

glVertex2f (1,0);
glVertex2f (6,0);

glVertex2f (6,0);
glVertex2f (6,-5);

glVertex2f (6,-5);
glVertex2f (1,-5);

glVertex2f (1,-5);
glVertex2f (1,0);
glEnd();

glBegin (GL_LINES);
glColor3f(1,0,0);

glVertex2f (0,1);
glVertex2f (7,1);

glVertex2f (7,1);
glVertex2f (4,7);

glVertex2f (4,7);
glVertex2f (0,1);
glEnd();

glBegin(GL_QUADS);
glColor3f(1,1,1);

glVertex2f (-2,0);
glVertex2f (-7,0);
glVertex2f (-7,-5);
glVertex2f (-2,-5);
glEnd();

glBegin(GL_TRIANGLES);
glColor3f(0,1,1);
glVertex2f (-1,1);
glVertex2f (-8,1);
glVertex2f (-4,7);
glEnd();

gluLookAt (0,0,25,0,0,0,0,15,20);

Statemen di atas merupakan statement yang dgunakan untuk memposisikan sudut pandang programmer. Bentuk umum dari statement di atas adalah sebagai berikut :
gluLookAt( eyeX, eyeY, eyeZ, centerX, centerY, centerZ, upX, upY, upZ);
eyeX, eyeY, eyeZ
Menunjukkan posisi mata kepada gambar.
centerX, centerY, centerZ
Menunjukkan posisi titik - titik koordinat.
upX, upY, upZ
Menunjukkan arah dari vector.
glBegin (GL_LINES);

glEnd();
Merupakan kerangka dari statement - statement untuk memulai menulis statement - statement program yang akan dibuat. (GL_LINES) adalah keterangan dari bentuk - bentuk yang ingin dibuat. Bentuk - bentuk yang tersedia adalah sebagai berikut :
glBegin (GL_POINTS);
Digunakan untuk membuat titik.
glBegin (GL_LINES);
Digunakan untuk membuat garis.
glBegin (GL_TRIANGLES);
Digunakan untuk membuat seitiga.
glBegin (GL_QUADS);
Digunakan untuk membuat persegi.

Saya akan mencoba membuat gambar kotak & segitiga dengan menggunakan garis. Statementnya adalah sebagai berikut :
glBegin (GL_LINES);
glColor3f(1,1,0);

glVertex2f (1,0);
glVertex2f (6,0);

glVertex2f (6,0);
glVertex2f (6,-5);

glVertex2f (6,-5);
glVertex2f (1,-5);

glVertex2f (1,-5);
glVertex2f (1,0);
glEnd();

glColor3f(1,1,0); menunjukkan warna dari gambar (dalam hal ini garis). Statement ini menunjukkan bahwa gambar mempunyai 3 warna yang dapat di setting dengan menggunakan bilangan yang bertipe floating (bisa berupa pecahan decimal). Angka angka di dalam kurung merupakan bilangan - bilangan yang menunjukkan warna - warna berupa R,G,B (Red, Green, Blue). Statement di atas bernilai (1,1,0) yang berarti RED+GREEN = KUNING. Jadi objek yang akan terlihat berwarna kuning.
glVertex2f (1,0); menunjukkan vertex - vertex yang akan dibuat. Vertex - vertex tersebut sebenarnya menunjukkan koordinat, yaitu (x,y). Jadi vertex di atas menunjuk pada titik koordinat (1,0) seperti gambar di bawah ini :



Jadi arti dari :

glVertex2f (1,0);

glVertex2f (6,0);

adalah sebagai berikut :

Sehingga hasil dari statement di atas adalah sebagai berikut :

Begitu pula pada pembuatan objek berikut :

glBegin (GL_LINES);

glColor3f(1,0,0);

glVertex2f (0,1);

glVertex2f (7,1);

glVertex2f (7,1);

glVertex2f (4,7);

glVertex2f (4,7);

glVertex2f (0,1);

glEnd();

Berikutnya adalah statement

glBegin(GL_QUADS);

glColor3f(1,1,1);

glVertex2f (-2,0);

glVertex2f (-7,0);

glVertex2f (-7,-5);

glVertex2f (-2,-5);

glEnd();

sebenarnya statement di atas sama dengan stamen sebelumnya, yaitu membuat gambar persegi. Tetapi jika statement sebelumnya membuat gambar persegi menggunakan garis, statement ini menggamabar persegi dengan cara langsung ke vertex - vertexnya. Gambar yang dihasilkan akan sebagai berikut :

glBegin(GL_TRIANGLES);

glColor3f(0,1,1);

glVertex2f (-1,1);

glVertex2f (-8,1);

glVertex2f (-4,7);

glEnd();

statement berikut sama dengan statement di atas yaitu membuat segitiga dengan cara langsung, sehingga lebih sedikit pendeklarasian vertex - vertexnya. Hasilnya dapat dilihat seperti berikut :

sehingga output yang bisa dilihat pada saat program ini di-Running adalah sebagai berikut :


Read Users' Comments (0)

0 Response to "GRAFIK KOMPUTER"

Post a Comment